Melihat dari statistik yang sangat drastis di blog-ku yang satunya dengan Judul Artikel Positif, menunjukkan bahwa pembaca sering membuka post tentang Makalah Astra di blog tersebut.
Oleh karena itu, saya coba post ulang disini, diblog yang masih aku rawat ini agar selalu ramai dengan pengunjung.
Berikut ini adalah Makalah yang saya susun dalam rangka memenuhi syarat untuk masuk beasiswa di Polman Astra. Makalah ini sudah lama saya buat dan sekarang Alhamdulillah sudah memasuki semester akhir dan saatnya membuat makalah yang sebenarnya(Tugas Akhir).
Ma'af, untuk isi dalam makalah ini, saya cuma search digoogle dan saya susun. Untuk kebenaran/validnya data tahun 2014 ini, harap cek ulang di situs yang bersangkutan. Bagi pembaca yang pengen sekedar tahu tentang astra, dibawah ini adalah makalah yang membahas tentang astra.
PERKEMBANGAN
ASTRA DAN KEBUTUHAN ZAMAN
Disusun
oleh:
Nama
: SOLIKIN
Program
Study : P4
POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA
TAHUN AKADEMIK
2011/2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat
Allah swt. atas limpahan rahmat-Nya sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan
dengan baik dan tepat waktu.
Karya tulis ini disusun untuk
memenuhi tugas akhir beasiswa prestasi dari Polman kepada calon mahasiswa baru.
Informasi yang
disajikan dalam karya tulis ini diperoleh dari sekian banyaknya referensi dari
berbagai blog dan web di internet yang disusun oleh penulis sehingga
terwujudlah makalah ini.
Penulis menyadari
bahwa karya tulis ini dapat terwujud berkat bantuan dan dukungan dari berbagai
pihak. Oleh karena itu penulis menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak
yang terkait.
Terlepas dari
segala kekurangan akan makalah ini, penulis berharap semoga karya tulis ini
dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Pati,
Mei 2011
Penyusun
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang 1
B.
Rumusan Masalah 1
C.
Tujuan 1
BAB II : PEMBAHASAN
A.
Sejarah Astra 2-6
B.
Produk Astra
dan Perkembangannya Seiring Perkembangan Zaman 7-8
C.
Prestasi Astra
di Berbagai Bidang Dalam Sudut Pandang Generasi Muda 9
BAB III: PENUTUP
A.
Simpulan 10
B.
Harapan 10
DAFTAR PUSTAKA 11
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Teknologi,
Informasi, dan Telekomunikasi di seluruh belahan dunia sekarang semakin canggih
dan modern. Banyak terciptanya teknologi baru maupun berkembangnya sebuah
teknologi ke yang lebih sempurna, baik dalam bidang Informasi, Telekomunikasi,
maupun Transportasi. Kendaraan bermotor misalnya, sekarang bukanlah hal yang
langka di kalangan masyarakat luas. Hampir setiap kepala keluarga memiliki
kendaraan bermotor, umumnya sepeda motor. Seperti halnya makan, transportasi
menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat untuk mempermudah bepergian, bekerja,
atau berangkat sekolah. Tidak lepas dari itu semua, bahan bakar pun menjadi
kebutuhan wajib bagi kendaraan. Semakin banyaknya pemakai kendaraan, semakin
banyak pula bahan bakar yang digunakan dan tentunya akan semakin habis dari
tahun ke tahun.
Oleh
karena itu Astra dalam perkembangan zaman selalu berupaya dan menciptakan hal
baru untuk meminimalisir hal tersebut, yakni dengan menciptakan sebuah
teknologi yang irit bahan bakar dan berkualitas tinggi. Selalu berupaya
menghasilkan produk-produk baru yang berkualitas dan dibutuhkan oleh dunia
seiring perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern.
B. Rumusan Masalah
Dari pemaparan singkat diatas, kita dapat membuat rumusan masalah
sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah
awal berdirinya PT Astra International Tbk di Indonesia?
2.
Apa sajakah
produk yang dihasilkan oleh Astra dan bagaimana perkembangannya dalam mengikuti
perkembangan zaman?
3.
Prestasi apa
sajakah yang telah diraih oleh Astra hingga saat ini?
C.
Tujuan
Secara umum
pembuatan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas akhir bagi calon
mahasiswa Politeknik Manufacturing Astra. Secara khusus, diharapkan pembaca
dapat:
1.
Mengetahui
sejarah berdirinya PT Astra International Tbk.
2.
Mengetahui
produk Astra serta perkembangannya seiring perkembangan zaman.
3.
Mengetahui
prestasi yang diraih oleh Astra
1
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah Astra
Astra, sering
kita mengenal kata tersebut dominan dengan kendaraan bermotor. Astra memang
sebuah perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil.
Sampai saat ini perusahaan astra telah berdiri di Indonesia selama 54 tahun.
PT Astra International Tbk atau lebih dikenal Astra Group adalah
kelompok bisnis terbesar di Indonesia. Astra Group adalah kelompok bisnis
terbesar di Indonesia. Astra Group didirikan oleh Tjia Kian dan William
Soerdjaya pada tanggal 20 Februari 1957.Namun sekarang ini mayoritas
kepemilikan sahamnya dipegang oleh Jardine Cycle dan Carriage dari Singapura.
Hingga saat ini, PT Astra Interna Tbk memiliki beberapa divisi
usaha dan anak perusahaan, diantaranya:
1.
Otomotif
a.PT Toyota
Astra Motor sebagai agen tunggal merk Toyota di Indonesia.
b.Auto 2000
sebagai salah satu dealer utama Toyota di Indonesia
c.PT Daihatsu
Motor sebagai agen tunggal pemegang merk Daihatsu di Indonesia.
d.PT Pantja
Motor sebagai agen tunggal pemegang merk Isuzu di Indonesia
e.PT Astra
Nissan Diesel Indonesia sebagai agen tunggal pemegang merk Truk Nissan Diesel
di Indonesia.
f.PT Tjahja
Sakti Motor sebagai agen tunggal pemegang merk BMW danPeugeotdi Indonesia.
h.Mobil 88
i.PT Astra
Honda Motor sebagai agen pemegang merk sepeda motor Honda di Indonesia.
j.PT Astra Otoparts Tbk.
2. Agro
Industri
a.PT Astra agro
Lestari Tbk.
3. Pelayanan
Financial
a.PT Astra Credit Company
b.PT Toyota Astra Financial Services
c.PT Asuransi Astra Buana
d.PT Federal International Finance
e.PT Surya Artha Nusantara Finance
2
4. Alal-alat
Berat
a.PT United Tractos Tbk
b.PT Traktor Nusantara
c.PT Pamarseda Nusantara
5.Teknologi
Informasi
a.PT Astragraphihia Tbk
b.PT SCS Astragraphihia Technologies
6.Infrastuktur
a.PT Astratel Nusantara
b.PT Intertel Nusaperdana
PT Astra International Tbk juga telah mendirikan lembaga pendidikan
pada tahun 1995 guna menyiapkan sumber daya manusia siap pakai, memiliki
kompetensi bermutu, bahkan meringankan biaya kuliah bagi mereka yang kurang mampu
yang dikenal dengan Politeknik Manufaktur Astra atau Polman Astra.
Untuk
mengetahui lebih jelas tentang sejarah Astra, berikut adalah profil dari
beberapa anak perusahaan Astra:
1.
Toyota
PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk
(ATPM) mobil Toyota di Indonesia. Pada tanggal 12 April 1971 PT Toyota Astra
Motor telah diresmikan di daerah Sunter Jakarta Utara oleh Presiden Direktur
Johny Darmawan Danusasmita. Pada awalnya PT Toyota Astra Motor hanya sebagai
importir kendaraan-kendaraan toyota saja, namun dalam waktu satu tahun PT
Toyota Astra Motor mampu mengembangkan fungsinya menjadi Distributor
kendaraan-kendaraan toyota di Indonesia.
Pada tanggal 31 Desember 1989, PT Toyota Astra Motor melakukan
merger dengan 3 perusahaan, yaitu:
1.PT Multi Astra (Pabrik perakitan, didirikan pada tahun 1973)
2.PT Toyota Mobilindo (Pabrik komponen body, didirikan pada tahun
1979)
3.PT Toyota Engine Indonesia (Pabrik mesin, didrikan pad atahun
1982)
Seiring berkembangnya perusahaan, pada tanggal 15 juli 2003, TAM
direstrukturisasi menjadi 2 perushaan, yaitu:
1.PT toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), merupakan
perakit produk-produk Toyota. Persentase kepemilikan saham Toyota Motor
corporation pada perusahaan ini sebesar 95% dan sisanya dipegang oleh Astra
International.
2.PT Toyota Astra Motor sebagai agen distributor, importir, serta
penjualan produk-produk Toyota di Indonesia. Persentase kepemilikan saham pada
perusahaan ini sebesar 49% untuk Toyota Motor Corporation dan 51% untuk Astra International.
3
Demi kelancaran penjualan produk keluaran Toyota, PT Toyota Astra
Motor mendirikan 5 dealer utama yang tersebar di beberapa kota besar di
Indonesia. Lima dealer tersebut adalah:
1.Auto 2000 , merupakan dealer utama Toyota yang mencakupnwilayah
Jakarta, jawa barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan, dan
sebagian wilayah sumatra.
2.PT New Ratna Motor, merupakan dealer utam Toyota yang mencakup
wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.
3.PT Hasjrat Abadi, merupakan dealer utama yang mencakup wilayah
Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah,
gorontalo, maluku, Ternatre dan Papua
4.PT Agung Auto Mall, merupakan dealer utama Toyota yang mencakup
wilayah Riau, Jambi, Bengkulu, dan Batam.
5.NV Hadji Kalla Trd Co, merupakan dealer utama Toyota yang
mencakup wilayah Sulawesi selatan dan Sulawesi Tenggara.
Berikut adalah perjalanan TAM selama ini:
- 1971 :
PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi didirikan sebagai importir dan
distributor kendaraan Toyota di Indonesia
- 1973 :
Didirikan pabrik perakitan PT Multi Astra
- 1976 :
Mendirikan PT Toyota Mobilindo, pabrik komponen kendaraan niaga
- 1977 :
Peluncuran Kijang generasi pertama
- 1982 :
Peresmian Parts Center
- 1982 :
Pabrik mesin PT Toyota Engine Indonesia mulai beroperasi
- 1987 :
Ekspor perdana Kijang ke beberapa negara Asia-Pasifik
- 1989 :
Peluncuran Kijang ke 200.000 & produksi Toyota ke-500.000
- 1995 :
Kijang Lintas Nusa, Banda Aceh-Larantuka sekitar 6000 Km, memperingati
"Indonesia Emas" (50 tahun merdeka)
- 1996 :
Peluncuran unit produksi Toyota ke 1.000.000
- 2000 :
Peresmian pabrik mobil modern di Karawang
2.
Honda
PT Astra Honda
Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan
pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara
mayoritas dimiliki oleh PT Astra International Tbk. Saat itu, PT Federal Motor
hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD
(completely Knock Down). Honda pertama kali didirikan oleh Soichiro Honda, beliau meninggal pada
usia 84 tahun, setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo, akibat mengindap lever.
PT Honda sendiri memiliki beberapa anak perusahaan,diantaranya:
1.PT Honda Federal (1974) : Pabrik komponen dasar, seperti rangka,
roda, knalpot dan sebagainya.
2.PT Showa Manufacturing Indonesia (1984) : Pabrik peredam kejut.
3.PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) ; Pabrik mesin sepeda
motor
4.PT Federal Izumi Mfg (1990) : Pabrik piston
4
Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik
perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi
sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading,
serta pabrik ke 3 yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM
2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik
perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Kemudian pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan melakukan merger dengan nama PT Astra Honda Motor dengan komposisi kepemilikan saham 50% untuk PT Astra International Tbk dan 50% untuk honda Motor Co Japan.
Kemudian pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan melakukan merger dengan nama PT Astra Honda Motor dengan komposisi kepemilikan saham 50% untuk PT Astra International Tbk dan 50% untuk honda Motor Co Japan.
Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar
di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar
15.000 orang, ditambah 130 vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya,
yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa.
Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberika
kesempatan kerja kepada sekitar 500 ribu orang. PT Astra Honda Motor akan terus
berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan
ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Berikut adalah 5 Resep keberhasilan
Honda :
1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu memperbaiki produksi.
3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda senyaman mungkin.
4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.
1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu memperbaiki produksi.
3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda senyaman mungkin.
4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.
Produksi
kumulatif perusahaan ini sejak berdirinya hingga 22
September 2005 telah mencapai 15 juta unit motor.
3.
Daihatsu
PT Astra Daihatsu Motor
(ADM) adalah Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) mobil Daihatsu. Sebagai ATPM
Daihatsu, ADM merupakan satu-satunua perusahaan yang berhak mengimpor, merakit
dam membuat kendaraan bermerk Daihatsu di Indonesia. ADM sendiri sebenarnya
perusahaan joint venture antara Daihatsu Motor Company,Ltd dan PT Astra
International Tbk yang berdiri sejak tahun 1978.
Berikut adalah perjalanan
usaha ADM dari awal hingga menjadi sangat maju seperti saat ini:
1973Ã Astra mendapatkan hak untuk
mrngimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia
1976Ã Astra
International ditunjuk menjadi agen tunggal, importer dan distributor tunggal
kendaraan Daihatsu di Indonesia.
1978Ã Pabrik pengepresan plat baja, PT Daihatsu
Indonesia, didrikan sebagai perusahaan patungan PT Astra International,
Daihatsu Motor Co.Ltd, dan Nichimen
Corporation.
1987Ã PT Natinal Astra Motor didirikan sebagai agen
tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi Astra Group.
1992Ã ADM didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan,
yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia dan PT
National Astra Motor.
1996Ã Pabrik pengecoran alumunium dibangun di KIIC
Karawang, Jawa Barat.
1998Ã Pembelian pabrik perakitan dari PT Gaya Motor.
Sejak itu ADM memiliki 4 pabrik yaitu pabrik pengepresan plat baja, mesin,
pengecoran alumunium dan perakitan.
5
2004Ã kolaborasi strategis Toyota-Daihatsu dicanangkan melalui
peluncuran Daihatsu Xenia dan Toyota avanza di Indonesia.
2005 Ã
Produksi Daihatsu mencapai 1 juta kendaraan
2007Ã Kapasitas produksi ditingkatkan menjadi
211.000 unit per tahun.
2008Ã Export Gran Max perdana ke pasar Jepang.
2009Ã Peluncuran model Daihatsu Luxio.
6
B.
Produk Astra
dan Perkembangannya seiring perkembangan Zaman
Seiring perkembangan zaman, Astra selalu memproduksi kendaraan
beserta aksesoris terbaru sesuai selera masyarakat modern dan mengikuti mode
perkembangan zaman. Sehingga produk-produk keluaran Astra tidak pernah
ketinggalan zaman jika dibanding produk lain. Untuk mengetahui lebih jelas,
berikut adalah beberapa produk Astra yang dipasarkan di seluruh wilayah
Indonesia, diantaranya:
>>Mobil dan Sepeda Motor
1.Toyota
a. Mobil sedan : Starlet, Soluna, Cresida, Crown, Vios, Corola
b.Kendaraan Penumpang : Yaris, Fortuner, rush, kijang, Kijang
Capsul, Kijang Krista, Kijang Innova, Avanza, Hiace, SX4.
c.Truk dan Kendaraan niaga : Dyna, Hilux, Kijang Pick Up
Seiring
perkembangan zaman, TAM juga tidak mau kalah dengan melakukan perkembangan
teknologi mobil keluaran TAM. Pada saat mobil berbahan bakar bensin pertama
kali keluar menggunakan teknologi karburator, semakin lama semakin berkembang
dengan teknologi Elektronik Fuel Injection (EFI). Tidak mau kalah dengan mobil
bensin, mobil Diesel juga mengembangkan teknologi injeksi mekanik menjadi
Diesel Injeksi Elektronik atau Common Rail System (CRS).
Dibandingkan
dengan mobil karburator dan mobil diesel injeksi manual, mobil dengan teknologi
injeksi lebih efisien baik konsumsi bahan bakarnya ataupun tenaganya, karena
itu saat ini sudah tidak ada mobil produksi Astra yang menggunakan teknologi
karburator.
2.Daihatsu
Mobil : Daihatsu Zebra, Ceria, Taft, Taruna, Xenia, Terios, Sirion,
Gran Max, Luxio.
Demi kepuasan
pelanggan dan tuntutan perkembangan zaman, maka PT Astra daihatsu Motor (ADM)
akan segera meluncurkan produk mobil terbaru bernuansa ramah lingkungan jenis
minibus dan pick up dengan harga pasaran di Indonesia di bawah Rp. 100 juta.
Kedua produk terbaru tersebut diproduksi di dalam negeri kemudian akan
dipasarkan di Indonesia dan diekspor ke Jepang. Selain ke negeri matahari
terbit, kedua produk ini juga akan diekspor ke Timur Tengah, Malaysia, Afrika
selatan, Selandia Baru, Chile, Brunei Darussalam, Hongkong, dan masih banyak
negara lainnya.
Untuk produk baru
jenis minibus memiliki kelapangan di kelasnyadengan kapasitas 9-10 penumpang.
Sedangkan untuk jenis pick up memiliki kapasitas bak yang tergolong luas.
Selain itu, kedua produk tersebut juga memiliki beberapa keunggulan lain, yakni
chassis kuat, sistem rem canggih, tahan banjir hingga 600 mm, mesin irit dan
lebuh beetenaga dengan mengandalakan mesin 1,3 dan 1,5 DOHC VVT-i, desain
modern, memiliki kekuatan hingga 97 horse poser (HP) untuk jenis minibus1,5 dan 89 horse power (HP)
untuk jenis minibus 1,3.
3.Honda
a. Mobil
: Jazz, Accord, CR-V, Civic
b.Sepeda motor :
Supra, SupraX, SupraX125, Supra Fit, Revo, Megapro, Tiger, Vario, blade,CS 1,
CBR, Revo Absolute, Beat, Scoopy, Spacy, dan lain-lain.
7
Tidak mau ketinggalan dengan produk lain, AHM juga
meluncurkan produk terbaru guna mengikuti era perkembangan zaman. Produk
tersebut adalah New Honda CBR. Sepeda Motor yang memiliki spesifikasi mesin
DOHC 4 valve 250 cc PGM-FI berpendingin air dengan transmisi 6 kecepatan, plus
rangka baja tipe Diamond Twin-Spar dengan paduan suspensi belakang Pro-link
karet bundar berdiameter 17 inchi untuk
depan ukuran 110/70 dan belakang 140/70 tubeles tire. Tersedia pula tipe
Standar dan tipe C-ABS (Combined Anti-lock Brake System), untuk mencegah
pengereman yang mengunci akibat panic-braking. Tipe C-ABS adalah penggabungan
sistem ABS dengan Combi Brake, jadi bila pedal rem diinjek , maka rem belakang
dan rem dan rem depan akan aktif, tapi semua hendel rem tangan saya yang
ditekan, hanya mengaktifkan rem depan saja.Tak jauh beda dengan Vario Techno
vario CBS (Combi Brake System)
>> Oli (Minyak Pelumas Mesin)
1. Federal Oil : Salah satu produk oli dari astra dan merupakan
standard yang diformulasikan untuk sepeda motor.
2.
AHM Oil : Keunggulan dari AHM Oil yaitu
daya tahan oli yang mampu bertahan sejauh 40.000 km penggunaan.
>> Ban
1.Aspira ban dan Federal : merupakan ban andalan sepeda motor Honda
karena mempunyai daya cakram yang baik terhadap jalan.
>>
Baterai
1.GS Astra
2.GS Yuassa
>> Filter
>>
Peredam Kejut
>> Rantai
Motor
8
C.
Prestasi Astra
di Berbagai Bidang Dalam Sudut Pandang Generasi Muda
1.Superbrands Awards dari superbrands organization pada tahun 2004
dan 2005.
2.IMI Awards dari IMI pada tahun 2004.
3.Golden Brand Award
4.Indonesian Best Brand Award dari majalah Swa dan Mars 2001-2004
5.Indonesia’s Most Admired company (IMAC) dari majalah Business
Week dan Frontier pada tahun 2003 dan 2005
6. Indonesia Customer Satisfication Award untuk produk kijang dari
Majalah Swa dan Frontier.
7.toyota Team Indonesia (TTI)
menorehkan prestasi pada seri kedua Djarum Black Night Slalom 2008 dengan
produk Toyota Yaris.
8. Indonesia Best Brand Award
9. Service Quality Award 2010
10. Motor Plus Award
9
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasar sejarah
dan perkembangan Astra selama ini, Astra International Tbk. merupakan
perusahaan produksi kendaraan transportasi yang sangat besar, berprestasi, dan
sesuai dengan kebutuhan zaman. Dengan upayanya meningkatkan kualitas
produksinya, Astra bahkan mendirikan yayasan pendidikan sendiri guna
menghasilkan teknisi-teknisi yang terampil yang biasa kita kenal dengan
Politeknik Manufaktur Astra atau Polman Astra. Dan dalam rangka meningkatkan
kualitas produknya, Astra berinovasi dan terus berinovasi menciptakan
teknologi-teknologi baru yang ramah lingkungan, sehingga dengan inovasi Astra
yang semakin canggih, Astra banyak memperoleh penghargaan-penghargaan, dan
banyak prestasi yang diraihnya. Tidak mau ketinggalan, Astra juga meluncurkan
produk-produk tidak hanya produk mobil dan motor saja, ban, oli, batre, dan
spearpartnya pun diproduksi.
B.
Harapan
Setelah saya mengetahui asal mula
sejarah Astra dan berbagai produknya, juga prestasinya dikalangan generasi
muda, saya merasa lebih tertarik dan bersemangat untuk bergabung dengan Astra
dengan harapan saya bias memajukan Astra di berbagai bidang. Saya juga berharap
Astra bias mempertahankan prestasinya dan terus berkreasi menciptakan teknologi
baru yang lebih menguntungkan masyarakat dan lebih ramah lingkungan. Dari
survei terhadap teman-teman saya, ternyata banyak yang menginginkan Astra dapat
memenuhi kebutuhan suku cadang variasi dalam bidang modifikasi otomotif (misal:
part racing, pelk, ban, shock beker, dll.) dan produk yang ramah lingkungan, tidak menghabiskan bahan bakar
minyak dan yang lebih kecil tingkat polusi udaranya. Saya sangat berharap Astra
mampu mewujudkan keinginan generasi muda dan dapat menjadi contoh perusahaan
lain untuk lebih mengutamakan keasrian lingkungan.
10
DAFTAR PUSTAKA
11